Abstract:
Pekerjaan memandu kapal ternyata termasuk pekerjaan yang tidak saja memerlukan sumber
daya manusia berketrampilan khusus untuk melaksanakannya, tetapi juga dituntut tanggung jawab
prestasi kerja, kerjasama, prakarsa, kejujuran, ketaatan dan perilaku kondisi fisik yang prima dalam
pelaksanaannya. Masalah kelancaran, keamanan, keselamatan dari kapal yang dipandu ada lah hal yang
utama dalam pelaksanaan pemanduan kapal karena akibat yang dapat ditimbulkan dari suatu kelalaian
atas kegiatan pemanduan kapal dapat berpengaruh pada kelancaran lalu lintas kapal dalam pelabuhan,
bahkan juga terhadap perairan dan lingkungannya. Dimana pelayanan untuk kapal yang diberikan
pihak pengelola pelabuhan adalah pelayanan pemanduan. Di PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III
Cabang Tanjung Perak dibina melalui Bidang Pemerintahan, (pihak pengelola pelabuhan)
melaksanakan dan mengawasi keselamatan dan kelancaran lalu lintas gerakan kapal. Semakin cepatnya
perkembangan kegiatan pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak, perlu
mengoptimalkan mutu pelayanan pemanduan kapal yang terutama dalam rangka mengantisipasi
perkembangan globalisasi perdagangan dunia ini. Pelayanan jasa pemanduan kapal merupakan ujung
tombak dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak, yang merupakan kegiatan
awal serta akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan pelayanan jasa kepanduan. Dalam meningkatkan
pelayanan pemanduan kapal di pelabuhan maka pendukung faktor sumber daya manusia pemanduan
kapal perlu mendapat perhatian dalam pembinaannya. Sehingga peranannya dalam kegiatan pelayanan
pemanduan di pelabuhan akan memberi hasil yang maksimal dan memuaskan para pengguna jasa
pemanduan.