Abstract:
Pelabuhan  Indonesia  III  yang  menjalankan  bisnis  inti  sebagai  penyedia  fasilitas  jasa 
kepelabuhanan  memiliki  peran  kunci  untuk  menjamin  kelangsungan  dan  kelancaran  angkutan  laut, 
sehingga  dengan  tersedianya  sarana  dan  prasarana  transportasi  laut  yang  memadai  tersebut  akan 
mampu  menggerakkan roda perekonomian Jawa  Timur dan  menggairahkan kegiatan ekonomi  negara 
dan masyarakat. Seiring dengan kemajuan jaman menuntut segala hal agar dapat dilakukan seringkas, 
setepat,  dan  secepat  mungkin  pihak  manajemen  pelabuhan  secara  terus  menerus  berupaya 
meningkatkan  mutu  pelayanan  tepat  waktu,  aman,  dan  dapat  dipercaya  khususnya  dalam  pelayanan 
jasa kapal. Oleh karena itu PT. Pelabuhan Indonesia III cabang  Tanjung Perak  Surabaya menerapkan 
sistem  windows,  sistem  windows  ialah  sistem  pelayanan  jasa  terminal  yang  diselenggarakan  oleh 
Pelindo III guna menjamin kepastian fasilitas terminal berupa alokasi dermaga untuk tempat bertambat 
dan  kegiatan  bongkar/muat  petikemas  bagi  kapal-kapal  milik/keagenan  sesuai  schedule/line  up  yang 
ditetapkan, di dalam sistem windows ini semua telah dijadwalkan mulai dari kapan kap al akan datang, 
rencana  jumlah  kontainer  yang  akan  dibongkar/muat,  sampai  dengan  kapan  kapal  akan  selesai 
melakukan  kegiatan.  Dengan  adanya  sistem  ini  jika  diterapkan  dengan  baik  tentu  saja  akan 
mendatangkan  keuntungan  yang  sangat  besar,  hal  ini  dibuktikan  oleh  Terminal  Nilam  yang 
menggunakan  sistem  windows  dan  menerapkannya  dengan  baik  menjadi  penyumbang  pemasukan 
tertinggi di PT. Pelabuhan Indonesia III cabang Tan jung Perak Surabaya.