Abstract:
Pelabuhan Indonesia III yang menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa
kepelabuhanan memiliki peran kunci untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut,
sehingga dengan tersedianya sarana dan prasarana transportasi laut yang memadai tersebut akan
mampu menggerakkan roda perekonomian Jawa Timur dan menggairahkan kegiatan ekonomi negara
dan masyarakat. Seiring dengan kemajuan jaman menuntut segala hal agar dapat dilakukan seringkas,
setepat, dan secepat mungkin pihak manajemen pelabuhan secara terus menerus berupaya
meningkatkan mutu pelayanan tepat waktu, aman, dan dapat dipercaya khususnya dalam pelayanan
jasa kapal. Oleh karena itu PT. Pelabuhan Indonesia III cabang Tanjung Perak Surabaya menerapkan
sistem windows, sistem windows ialah sistem pelayanan jasa terminal yang diselenggarakan oleh
Pelindo III guna menjamin kepastian fasilitas terminal berupa alokasi dermaga untuk tempat bertambat
dan kegiatan bongkar/muat petikemas bagi kapal-kapal milik/keagenan sesuai schedule/line up yang
ditetapkan, di dalam sistem windows ini semua telah dijadwalkan mulai dari kapan kap al akan datang,
rencana jumlah kontainer yang akan dibongkar/muat, sampai dengan kapan kapal akan selesai
melakukan kegiatan. Dengan adanya sistem ini jika diterapkan dengan baik tentu saja akan
mendatangkan keuntungan yang sangat besar, hal ini dibuktikan oleh Terminal Nilam yang
menggunakan sistem windows dan menerapkannya dengan baik menjadi penyumbang pemasukan
tertinggi di PT. Pelabuhan Indonesia III cabang Tan jung Perak Surabaya.