Abstract:
Pengaruh bentuk badan kapal terhadap besarnya tahanan dan pengaruh beberapa parameter bentuk kapal dalam merencanakan bentuk kapal pada proses desain kapal, sehingga [ada proses pereencanaan badan kapal perencanan memerlukan penilaian awal terhadap desain bentuk kapal terutama pada tahap perencanaan konsep (concept design). Ide utama pada makalah ini adalah mengidentifikasi fungsi hubungan antara tahanan kapal dengan parameter bentuk badan kapal supply (supply vessel). Dengan melakukan pengujian beberapa model badan kapal dibantuh dengan software maxsurf dan menganalisa dengan multiple regression, beberapa parameter yang mempengaruhi di klasifikasikan dalam dua kelompok: Ukuran utama (Displ. L, B,T) dan Koefisien Bentuk badan kapal (Cwp, Cb, Cm, Cvap, Cvfp, Lcb, Lcf dll). Dari hasil pengamatan dan pembahasan akan didapatkan empat model regresi dengan kombinasi dari beberapa parameter yang berbeda, yang dikenal dengan : Model Regresi -I, Model Regresi -II, Model regresi -III dan Model regresi _IV, dari model tersebut memberikan rekomendasi, parameter yang memberikan tahanan yang sangat besar adalah: Cb, Cvap, Cvfp, Lcb.L sedangkan yang memberikan konstribusi tahanan rendah adalah L/Displ, L/B, B/T., Cwp, Cm, Lcf/L