Abstract:
Buku Modul Pembelajaran Moral: Metode Bercerita pada Anak
Usia Taman Kanak-kanak ini disusun dengan tujuan untuk
memberikan alternatif baru tentang model pembelajaran
dengan metode bercerita untuk meningkatkan nilai moral anak usia
Taman Kanak-kanak (TK).
Sebenarnya model pembelajaran untuk meningkatkan nilai moral
telah banyak dilakukan, tetapi pembelajaran nilai moral dengan
metode bercerita yang mengangkat tema permasalahan anak yang
sesuai dengan konteks lingkungan masih belum banyak dilakukan.
Tentu, pembelajaran yang mengangkat permasalahan sehari-hari
yang dihadapi anak akan mudah dipahami dan dilakukan. Karena itu,
panduan pembelajaran dalam pembelajaran ini perlu diberikan
untuk anak agar mereka mengetahui, mengenal, dan mengamalkan
nilai moral.
Penulis berharap guru dan orangtua lebih peka terhadap perma salahan moral yang ada di lingkungan anak sehingga segala perma salahan moral yang terjadi pada anak segera dapat diatasi. Upaya
pencegahan lebih mudah dilakukan mulai sejak dini agar tidak terja di permasalahan moral yang lebih serius di kemudian hari.
Dengan memberikan pembelajaran sejak dini tentang nilai moral,
anak-anak Indonesia diharapkan menjadi anak yang memiliki nilai
moral yang baik dan berbudi pekerti luhur. Inilah yang menjadi
cita-cita kita bersama, baik orangtua, guru, maupun dalam
kehidupan sosial yang lebih luas dan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara