Abstract:
Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe kesalahan dan
penyebabnya, serta mengatasinya. Tipe-tipe kesalahan menurut Newman mencakup kesalahan pembacaan, pemahaman
terhadap soal, melakukan transformasi, ketrampilan pengerjaan, dan penulisan simbol. Subyek penelitian ini adalah
mahasiswa semester pertama Program Studi Nautika yang berjumlah 25 mahasiswa, dengan memakai metode tes,
wawancara, dan pengumpulan data. Hasil wawancara dibandingkan dengan jawaban tes mahasiswa, metode dokumentasi
digunakan untuk mengetahui nama mahasiswa sebagai subyek penelitian. Berdasarkan luaran penelitian, didapatkan
23,6% mahasiswa mengalami kesalahan pada tahap membaca, 21,8% mahasiswa menghadapi kesalahan dalam tahap
pemahaman, 17,3% mahasiswa melakukan kesalahan dalam tahap transformasi, 26,4% mahasiswa mengalami kesalahan
pada tahap ketrampilan proses, 10,9 % mahasiswa mengalami kesalahan pada tahap notasi. Kesalahan-kesalahan tersebut
disebabkan kurangnya memahami soal, mahasiswa tidak mampu mengubah soal cerita menjadi bahasa matematika,
kurang teliti, kurang latihan dalam mengerjakan soal cerita, dan lupa tentang rumus yang digunakan. Dosen diharapkan
sering mengenalkan persoalan segitiga bola yang kontekstual kepada mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman
mahasiswa, mahasiswa harus sering dilatih untuk menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan segitiga bola dengan
berbagai variasi untuk melatih ketelitian dan keterampilannya.