Abstract:
Kapal pengangkut ikan hidup merupakan salah satu alat transportasi yang digunakan selama proses ekspor maupun domestik dan bertujuan untuk mempertahankan ikan dalam keadaan tetap hidup. Muatan utama kapal pengangkut ikan hidup (KPIH) adalah air dan ikan yang berenang bebas didalamnya dan muatan cair dalam ruang muat dapat bergerak bebas, sehingga terjadi free surface effect (FSE). Makalah ini bertujuan untuk menghitung dan mensimulasikan stabilitas kapal pengangkut ikan hidup dan muatan berupa cairan, sehingga dapat diketahui stabilitas kapal berdasarkan muatannya. Analisa stabilitas berdasarkan variasi muatan dibantu oleh Software Maxsurf, sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan IMO. Hasil dari analisa stabilitas berdasarkan variasi muatan pada ruang muat 0%, 25%, 50%, 75%, 95% dan variasi muatan pada fresh water tank ( FWT) dan fuel oil tank (FOT) 25%, 50%, 75%, 100%. Berdasarkan hasil dari simulasi disimpulkan bahwa kapal dengan volume muatan FWT dan FOT kurang dari 75% maka kriteria stabilitas kapal tidak memenuhi standart IMO, dan nilai FSE mempunyai kecenderungan nilainya rendah jika volume ruang palkah muatannya cenderung mendekati penuh..